STIMULASI KECERDASAN NATURALISTIK DI JOGJA GREEN SCHOOL

Arifani Yektiningtyas,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan stimulasi kecerdasan naturalistik di Jogja Green School. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalah proses stimulasi kecerdasan naturalistik. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif model analisis interaktif. Hasil penelitian meliputi: (1) perencanaan, adanya tema pembelajaran yang berkaitan dengan alam dalam pembelajaran inti dan kegiatan ekstra lingkungan, (2) pelaksanaan meliputi free play: eksplorasi lingkungan alam sekolah dengan bermain bebas; kegiatan terpimpin: pengenalan alam dengan games; snack time: menumbuhkan cinta lingkungan dengan mengurangi sampah plastik dari makanan sehari-hari; kegiatan ekstra lingkungan: memperkenalkan alam dengan jalan-jalan, berkebun, dan berternak; pembelajaran inti: membahas tema tentang lingkungan alam, (3) strategi pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif, (4) penilaian pembelajaran menggunakan buku penghubung, rapot semester dan portofolio, (5) faktor pendukung adalah lingkungan alam sekolah dan kreatifitas guru, dan (6) faktor penghambat adalah banyaknya kegiatan di luar kegiatan pembelajaran.

 

Kata kunci: stimulasi, kecerdasan naturalistik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.