MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN DENGAN METODE JARIMATIKA PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS HARAPAN II MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan dengan metode jarimatika pada anak Kelompok A TK Tunas Harapan II Magelang. Pembelajaran dengan menggunakan metode jarimatika dipilih karena dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak Kelompok A TK Tunas Harapan II yang berjumlah 20 anak. Objek penelitian ini adalah kemampuan berhitung permulaan pada anak terutama kegiatan membilang dan mengetahui hasil penjumlahan atau pengurangan bilangan 1-10. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode jarimatika mampu meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak. Peningkatan dapat dilihat pada hasil penelitian pratindakan dengan rata-rata persentase 34,38%, setelah dilakukan tindakan pada Siklus I dengan rata-rata persentase 66,25% dan siklus II dengan persentase rata-rata 84,38%, dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan indikator yang telah ditetapkan sebesar 80%.
Kata kunci: berhitung permulaan, metode jarimatika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.