UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI FINGER PAINTING PADA ANAK DI RA SUNAN AVERROUS BOGORAN BANTUL

Febri Nuraini,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas melalui kegiatan finger painting pada anak di RA
Sunan Averrous Bogoran, Bantul. Kegiatan finger painting yang dapat meningkatkan kreativitas anak
menggunakan bidang dasaran kertas buffalo dan kain mori putih serta bubur warna dari lem kayu dan pewarna
makanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK menggunakan model Kemmis dan Mc
Taggart. Subjek penelitian ini adalah 16 anak di RA Sunan Averrous Bogoran, Bantul yang terdiri dari 10 anak
laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi
dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik analisa data
menggunakan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata prosentase kreativitas anak
sebesar ≥80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas meningkat setelah adanya tindakan melalui
kegiatan finger painting yang memberikan kesempatan pada untuk membuat hasil karya yang sesuai dengan ide
anak sendiri dan memilih warna sesuai dengan keinginan anak. Peningkatan tersebut terlihat dari data kegiatan
pratindakan yang menunjukkan prosentase kreativitas secara keseluruhan adalah 48,66%. Pada siklus I prosentase
kreativitas meningkat menjadi 64,95%. Pada Siklus II kreativitas kembali mengalami peningkatan menjadi 87,05%.
Dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil karena prosentase sudah mencapai angka yang ditentukan.
Kata kunci: kreativitas, finger painting, anak.
Abstract
This research aims at increasing the creativity through the finger painting activity in the children from RA
Sunan Averrous Bogoran, Bantul. The materials of this activity consists of bufalo papper, mori cloth, and the paint
from wood glue mix with food coloring. This research is classroom action research or PTK which uses Kemmis
and Mc Taggart model. The subjects of this research are 16 children in RA Sunan Averrous Bogoran, Bantul which
comes from 10 male students and 6 female students. The data collection technique which is used in this research is
observation and interview. The research instruments use the observational paper and interview paper. The data
analysis technique uses the descriptive qualitative method. Criteria for the success of this research that the average
percentage of children’s creativity group B of ≥80. The result of this research shows that the creativity increases
after the finger painting activity is conducted. From the data before the act is conducted, the percentage of
creativity which is shown from the whole aspects is 48, 66%. In the first cycle, the percentage of creativity
increases to 64,95 %. In the second cycle, the creativity increases again to 87, 05%. It can be concluded tht this
research is accomplished because the percentage has reached in the determined.
Keywords: creativity, finger painting, children.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.