PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DITAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM(TASALAM)

Khusna Diaz Damayanti,

Abstract



Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui lebih mendalam pelaksanaan pembelajaran konstruktivistik di
TA SALAM. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasusdengan pendekatan kualitatif. Penelitian melibatkan 24
subjek. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan alat bantu observasi. Instrumen
utama adalah peneliti dibantu pedoman wawancara, observasi, dan alat bantu observasi. Data diperoleh dan
dianalisis menggunakan model interaktif oleh Miles dan Hubermandengan triangulasi sumber. Hasil penelitian
menunjukkan: 1) TA SALAM memilih pembelajaran konstruktivistik karena membebaskan anak menggali
pemahaman tentang peristiwa yang ditemukan; 2) Kegiatan pembelajaran berupa perencanaan melibatkan anak
menentukan tema &menyampaikan ide, pelaksanaan berupa anak aktif melakukan kegiatan& menyusun konsep
dan evaluasi menggunakan penilaian autentik dengan mengambil foto saat anak mengkonstruksi pengetahuan; 3)
Guru sebagai fasilitator, motivator, dan menggali pengetahuan; 4) Faktor pendukung: lingkungan alam untuk
bereksplorasi, guru sebagai fasilitator memancing pengetahuan anak, dan mediabarang bekas; dan 5) Faktor
penghambat individu kurang terfasilitasi dan jumlah guru terbatas.
Kata kunci: pembelajaran, konstruktivistik, anak.
Abstract
This research aims to understad further about constructivistic learningat TA SALAM. The research
considered as case study with qualitative approach. 24 subjects involved in this research. The data accumulated
from interview and observation. The researcher acted as main instrument. The data analyzed using interactive
model from Miles and Huberman with souce triangulation. The research results: 1) TA SALAM choose to use
constructivist learning because it allow childern to understand further about the occuring event; 2) it consist of
preparation activites, whwn the childern involved in deciding theme and ideas, process, when the childern actively
doing the activities and building concept; and authentic evaluation using photo; 3) Teacher is facilitator,
motivator, and gain knowledge; 4) supporting factors: nature availability, teachers as facilitator to childern’s
knowledge and recycle media; and 5)inhibitor factors: need to facilitate towards individuals and more teacher.
Keywords: development, constructivistic, children.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.