HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK TK KELOMPOK B

Marlina Muslikhatun,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan keterampilan berbicara anak TK
Kelompok B di Kelurahan Mororejo Kecamatan Tempel Sleman. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui bahwa
terdapat permasalahan-permasalahan dalam perkembangan keterampilan berbicara anak. Salah satu hal yang
mempengaruhi yaitu peran pola asuh orang tua, khususnya pola asuh demokratis. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif korelasional dengan analisis data inferensial dengan teknik product moment. Subjek penelitian
ini adalah 48 anak TK Kelompok B beserta 48 orangtua/wali murid di Kelurahan Mororejo Kecamatan Tempel
Sleman yang terdiri dari tiga sekolah yaitu TK ABA Durensawit, TK ABA Plumbon, dan TK ABA Kragan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan skala dengan instrumen pengumpulan data menggunakan
lembar observasi dan skala pola asuh demokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang
signifikan antara pola asuh demokratis dengan keterampilan berbicara anak TK Kelompok B di Kelurahan
Mororejo Kecamatan Tempel Sleman. Hal ini diketahui berdasarkan hasil penghitungan uji korelasi product
moment dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,614 untuk hubungan pola asuh demokratis dengan
keterampilan berbicara anak.
Kata kunci: pola asuh demokratis, keterampilan berbicara anak, kelompok B.
Abstract
This research aimed to determine the democratic parenting relationship with speaking skills of Group B
children of TK in Mororejo Tempel Sleman. Based on the preliminary study there were some issues in the
children’s speaking skills. These issues were affected by several things, such as parenting style, esspecially
democratic parenting style. This research was a quantitative correlation that used analysis inferential data with
group B in Mororejo Tempel Sleman. This research is a quantitative correlation with analysis inferential data with
product moment technique. The subject were 48 Group B children and 48 parent or guardians of TK in Mororejo
Tempel Sleman which consists of three schools namely TK ABA Durensawit, TK ABA Plumbon, and TK ABA
Kragan. The sata collection techniques used observation and scale. The result showed that significance
relationship between democratic parenting style with the Group B children speaking skills in Mororejo Tempel
Sleman. The research was the correlation product moment correlation coefficient (r) 0.614 for democratic
parenting style with the Group B children speaking skills.
Keywords: democratic parenting style, speaking skills, group B children.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.