KEMAMPUAN MENGGAMBAR BEBAS SEBELUM PEMBELAJARAN PADA ANAK TK KELOMPOK A DAN B TK AL ‘IDAD AN-NUUR

Winda Tresnaningsih,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menggambar bebas yang dilakukan sebelum
pembelajaran efektif dimulai pada anak TK kelompok A dan B TK Al’Idad An-Nuur. Kemampuan menggambar
bebas dalam penelitian ini adalah kecakapan seorang anak dalam menggambar dengan alat gambar yang
digunakan secara bebas menungkapkan ide, gagasan, imajinasi, perasaan dan ekspresi tanpa ada unsur
paksaan melalui permainan tekstur pola, warna, dan objek gambar. Subjek penelitian sebanyak 40 anak.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan portofolio. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil check list (lembar observasi)
disajikan dalam bentuk diagram lingkaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
menggambar bebas anak kelompok A dan B termasuk dalam predikat cukup baik yaitu dengan persentase
45,5%.
Kata kunci: kemampuan menggambar bebas, perkembangan seni rupa AUD
Abstract
This research aimed to describe the ability of children to draw freely before effective learning
started in kindergarten of Al’Idad An-Nuur groups A and B. The ability drawing free in this research was
skill a child in drawing with a drawing implement used freely to express the ide, imagination, feelings and
expression without compulsion through play of texture pattern, color, and the object picture. The subject
of study 40 childrens. Technique data collection used is observation with portfolio. Technique analysis
the data used was descriptive analysis quantitative with the percentage. The results of check list (sheets of
observation) is presented in the form of a diagram a circle. The research results show that the drawing
free children group A and B including in the predicate good enough namely by the percentage 45,5 %.
Keywords: the ability of draw free, The development of fine art early childhood

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.