PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B1 TK ABA GADING LUMBUNG

Ani Tri Astuti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak menggunakan media papan flanel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua Siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penjumlahan anak dapat meningkat melalui penggunaan media papan flanel. Kondisi awal kemampuan penjumlahan anak berkembang sangat baik mencapai 15 %. Setelah dilaksanakan tindakan Siklus I, kemampuan penjumlahan anak meningkat pada kriteria berkembang sangat baik dengan presentase 36,6 % dan pada Siklus II sebesar 77,5 % pada kriteria berkembang sangat baik. Langkah-langkah pelaksanaan tindakan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan anak dengan media papan flanel antara lain: 1) menyiapkan media papan flanel, 2) memperkenalkan media papan flanel dan menerangkan cara penggunaannya, 3) mengenalkan item-item angka dan gambar benda, 4) memberi kesempatan pada anak untuk mengerjakan di depan kelas, 5) memberikan reward kepada anak, dan 6) memberikan lembar kegiatan untuk mengukur kemampuan penjumlahan anak.

 

Kata kunci: kemampuan penjumlahan, media papan flanel


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.