MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1–10 DENGAN MEDIA GAMBAR ASOSIATIF DI KELOMPOK B TK BUDI RAHAYU

Fitriyanti Fitriyanti,

Abstract


 

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 dengan media gambar
asosiatif di kelompok B TK Budi Rahayu Nyutran, Yogyakarta. Kemampuan mengenal angka meliputi
menyebut angka, menjodohkan angka dengan gambar asosiatif dan menulis angka. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi. Subyek penelitian berjumlah 12 anak yang terdiri
dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 dengan media gambar
asosiatif. Kemampuan menyebut angka mulai dari pra tindakan, Siklus I dan Siklus II meningkat dari nilai
59,2, 82,5 menjadi 100. Kemampuan menjodohkan angka dengan gambar dari nilai 58,3, 75,8 menjadi 92,5.
Kemampuan menulis angka dari nilai 57,5, 74,5 menjadi 90. Semua nilai pada Siklus II tersebut telah
memenuhi target indikator keberhasilan, yaitu ≥ 80. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media
gambar asosiatif dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10.
Kata kunci : kemampuan mengenal angka 1-10, media gambar asosiatif
Abstract
This study aims to improve the ability of the young children to recognize numbers 1-10 with
associative images in the group B TK Budi Rahayu Nyutran, Yogyakarta. The ability to recognize the
numbers include recalling numbers, match numbers with the associative images, and write numbers. This
classroom action research was done collaboratively. The subjects included 12 children consisting of
5 boys and 7 girls. Data collection methods used observation and documentation. Data analysis technique
used quantitative and descriptive statistic. The result shows an increase in children's ability to recognize
numbers 1-10 with the associative image medias . The ability to recall the numbers from pre-action, first
cycle until the second cycle increases from 59.2, to 82,5 and to 100. The ability to match numbers with
associative images increases from 58.3, to 75,8 and to 92.5. The ability to write numbers increases from
57.5, to 74,5 and to 90. In the second cycle, the target indicators of success is ≥ 80. From these results, it can
be concluded that the associative images media can improve children's ability to recognize numbers 1-10.
Keywords: ability to recognize numbers 1-10, assiociative image media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.