UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN SIMPAI PADA ANAK KELOMPOK A
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui bermain simpai di kelompok A TK Tunas Ibu Selomartani. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dimodifikasi, meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah 8 anak, terdiri dari 5 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Obyek penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak khususnya koordinasi, keseimbangan dan kelentukan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak meningkat setelah dilakukan tindakan dengan bermain simpai. Peningkatan dapat dilihat dari observasi yang telah dilakukan pada tahap Pra tindakan, hanya terdapat 1 anak (12,5%) yang memperoleh predikat sangat baik. Setelah SiklusI, terdapat 2 anak (25%) yang memperoleh predikat sangat baik. Pada SiklusII, jumlah anak yang memperoleh predikat sangat baik meningkat menjadi 7 anak (87,5%). Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kemampuan motorik kasar meningkat adalah: 1) Guru memberikan penjelasan tentang aturan permainan setiap sesi permainan; 2) Guru mengganti bentuk permainan menjadi bentuk games; 3) Guru memotivasi dengan memberikan reward; 4) Guru menambah durasi dalam bermain simpai. Kata kunci: motorik kasar, bermain simpai, anak kelompok A Abstract This research aimed to improve to gross motor sklill through playing hoops on Group A children in TK Tunas Ibu Selomartani. This research was a collaborative classroom action research using a model Kemmis and Mc Taggart modified, including the stages of planning, action, observation, and reflection. The subjects were 8 children, consisted of 5 boys and 3 girls. The object of this research is gross motor skill of children, especially coordination, balance and flexibility. Data collection metods used were observation and documentation. The data analysis technique used quantitative and qualitative descriptive. The results showed that the gross motor skill of children increased after the action by playing hoops. Improvement could saw from the observations that have been made on the pre-action stage, there was only one child (12.5%) were excellent predicated. After the first cycle, there were two children (25%) the predicated. On the second cycle, the number of children who obtained very good predicated increased to 7 children (87.5%). The steps taken thus increasing gross motor sklill were: 1) The teacher gave an explanation of the rules of the game each game session; 2) The teacher switch form of the played to form a games; 3) The teacher gave motivation with reward; 4) The teacher adds to the duration of the play hoops. Key word: gross motor, playing hoop, group A children
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.