PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B TK PERTIWI NGABLAK KECAMATAN SRUMBUNG

Rita Yudiastuti,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui kegiatan bermain peran pada Kelompok B TK Pertiwi Ngablak Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B yang berjumlah 15 anak. Objek penelitian ini adalah keterampilan sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80% dari 15 anak memiliki keterampilan sosial dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua Siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain peranyang dilakukan melalui: 1) stimulasi anak untuk paham dan taat pada aturan, 2) stimulasi agar anak sabar menunggu giliran. Tindakan tersebut dapat meningkatkan keterampilan sosial anak. Pada saat dilakukan observasi Pra Tindakan, sebesar 6,67% masih menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan masih kurang dari indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu berada pada kriteria kurang sekali, pada Siklus I sebesar 53,33% menunjukkan adanya peningkatan, namun belum mencapai indikator yang ditentukan karena masih berada pada kriteria cukup dan pada Siklus II sebesar 86,67%. Perolehan persentase pada Siklus II menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak Kelompok B dengan kriteria sangat baik, sehingga telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80% dan penelitian dihentikan.
Kata kunci: keterampilan sosial, Kelompok B, bermain peran
Abstract
This research aims to improve the social skill through role-play on group B TK Pertiwi Ngablak Kecamatan Srumbung. .The type of the research is collaborative on research by Kemmis and Mc. Taggart model. The Subject in the research is social observation. The instrument of this research is observation type. The data analysis technique is done by quantitative and qualitative description. The indicator achievement which is used of minimal 80% from is students have social skill with the excellent criterion. This research is done in to sicluses.The result of the research indicates that role-play activities which is done through: (1) student’s simulation to comprehend and obligate the regulation (2) student’s simulation in order to be patient in waiting queue. The actions can improve social skill’s students. When the first activity observation was done, the result was 6,67%. It still showed that the result still low from achievement indicator. In siclus I was 53,33% showing that there is increasing but the indicator has reached yet because still in enough criterion and in sicluss II was 86,67%. The procentation result of siclus II showed that student’s social skill on group B with the excellent criterion has reached success indicator in 80% and the research was stopped.
Keywords: social skill, group B, role-play


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.