UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK

Ria Anggraeni,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media
papan flanel pada anak kelompok B1 di TK ABA Karangmojo XVII, Karangmojo, Gunungkidul. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini
adalah 19 anak kelompok B1. Metode pengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini
dikatakan berhasil apabila kemampuan membaca permulaan anak dengan kategori baik sudah mencapai persentase
minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan dapat ditingkatkan dengan
menggunakan media papan flanel. Keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1)
guru mempersiapkan media papan flanel beserta item-itemnya, (2) guru memberi contoh cara mengenali huruf dan
membaca kata, (3) guru memberi contoh membaca gambar bertuliskan kalimat sederhana, (4) anak diberi
kesempatan untuk melihat, dan menempel ataupun melepas item-itemnya, (5) guru mendampingi dan memotivasi
anak. Hasil penelitian dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan membaca permulaan untuk kriteria baik pada
setiap siklusnya, pada saat Pratindakan menunjukan hasil 26,32%, kemudian mulai meningkat pada siklus I yaitu
52,63% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,21%.
Kata kunci: membaca permulaan, media papan flanel, kelompok B1
Abstract
This reaserch aimed to improve the beginning reading ability through the usage of flannel board media to
group B1 children in TK ABA Karangmojo XVII, Karangmojo, Gunungkidul. This research was classroom action
reasearch developed by Kemmis and Mc. Taggart. The subject was 19 children of B1 group. The data collection
technique used test, interview, observation and documentation. The data analysing technique used quantitive
descriptive analysis. The succes indicator of this research can be stated effective if the minimum percentage of
good category of beginning reading ability of the student reached 75%. The result showed that the beginning
reading ability could be improved by flannel board media. The succes result could be done with the follwing steps:
(1) teacher prepared flannel board media and the items. (2) teacher gave example how to recognize letters and
read words, (3) teacher gave example on reading the picture with simple sentence, (4) gave the children
opportunity to see, feel the letter and stick or remove the items. (5) teacher assist and motivate the children. The
reaserch result could be seen from the improving of the beginning reading ability for good category in each cycle,
in pre-action showed 26,32% and then begain to rise in first cycle is 52,63% and increased in second cycle into
84.21%.
Key word: beginning reading, flanel board media, group B1.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.