PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN ENGKLEK PADA ANAK KELOMPOK A

Septi Nugraheni,

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui permainan engklek pada anak kelompok A Taman Kanak-kanak Puspasiwi 2 Banyurip Marogagung Seyegan Sleman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Puspasiwi 2 berjumlah 23 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keterampilan motorik kasar dapat ditingkatkan melalui permainan engklek dengan cara anak melempar gacuk ke petak pertama, lalu anak berjingkat di petak nomor 1, 2, 3, 6 dan 9 dengan menggunakan satu kaki dan petak nomor 4-5 dan 7-8 untuk menapak menggunakan dua kaki. Peningkatan keterampilan motorik kasar anak dapat ditunjukkan dari data keterampilan motorik kasar pada kondisi awal kriteria BSH dan BSB mencapai 32,62% (8 anak), pada SiklusI meningkat menjadi 47,83% (11 anak) dan pada SiklusII meningkat menjadi 82,61% (19 anak). Kata kunci: keterampilan motorik kasar, permainan engklek Abstract The research aims to improve gross motor skill through “engklek” game on child group A of TK Puspasiwi 2 Banyurip Margoagung Seyegan Sleman. This research is a collaborative classroom action research. The subjects were children in group A TK Puspasiwi 2 amounted to 23. Methods of data collection through observation and documentation. Analysis techniques performed by descriptive qualitative and quantitative. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the gross motor skills can be enchanced through “engklek” game with kids throwing gacuk way to plot first, then the child hop plot number 1,2, 3, 6 and 9 and plot number 4-5 and 7-8 to tread using two legs. Increased gross motor skills a child can be shown from the data gross motor skills in the intial conditions BSH criteria and BSB reached 32,62% (8 children), in the firs cycle in increased to 47,83% (11 children) and the second cycle increased to 82,61% (19 children). Keywords: gross motor skill, engklek game


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.