UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI KEGIATAN OUTBOND PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PKK 74 SERUT SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL

Irvanda Meva Distiara,

Abstract



Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kerjasama menggunakan kegiatan
outbond pada anak Kelompok B di TK PKK 74 Serut Sendangsari Pajangan Bantul. Jenis penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek pada penelitian ini adalah 23 anak Kelompok B
TK PKK 74 Serut, Sendangsari, Pajangan, Bantul yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 9 anak
perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan
dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi.Teknik analisa data menggunakan
deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata persentase kemampuan kerjasama
anak Kelompok B sebesar ≥80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerja sama anak
meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan outbond. Dari data kegiatan Pratindakan
menunjukkan persentase kemampuan kerja sama anak secara keseluruhan adalah 40,21%. Pada siklus I
persentase kemampuan kerja sama anak meningkat menjadi 58,69%. Pada siklus II kemampuan kerja
sama anak kembali mengalami peningkatan menjadi 93,47%. Dapat dikatakan bahwa penelitian ini
berhasil karena persentase sudah mencapai angka yang ditentukan, yakni 80%. Adapun langkah-langkah
yang ditempuh dalam kegiatan outbond yaitu (1) guru mempersiapkan alat dan bahan kegiatan outbond
(2) guru memperkenalkan alat dan bahan (3) guru dan anak membentuk kelompok (4) guru menjelaskan
secara rinci jalannya kegiatan (5) guru mencontohkan kegiatan outbond, (6) anak melakukan kegiatan
outbond sesuai yang dicontohkan, (7) setelah kegiatan outbond usai, guru membagikan reward di akhir
kegiatan untuk memotivasi anak.Dengan demikian kegiatan outbondefektif untuk meningkatkan
kemampuan kerjasama.
Kata kunci: kemampuan kerjasama, kegiatan outbond
Abstract
The purpose of this research is to improve cooperation using outbound activities for children in
kindergarten PKK group B 74 Serut Sendangsari Pajangan Bantul. This type of research is a
collaborative classroom action research. Subjects in this study were 23 children Group B PKK TK 74
Planer, Sendangsari, Displays, Bantul, which consists of 14 boys and 9 girls. Data collection techniques
used in this study is the observation and documentation. The research instrument using observation
sheet.Data analysis techniques using quantitative descriptive. Criteria for the success of this research
that the average percentage of children cooperation skills Group B of ≥80. The results showed that the
child's ability to work together to increase after the action through outbound activities. Pratindakan
activity data shows the percentage of children's ability to work together as a whole is 40.21%. In the first
cycle percentage teamwork abilities of children increased to 58.69%. In the second cycle collaboration
capabilities child back increased to 93.47%. It can be said that the research is successful because the
percentage has reached the prescribed, namely 80%. The steps taken in outbound activities: (1) teachers
prepare tools and materials outbound activities (2) The teacher introduces the tools and materials (3) the
teacher and the children form a group (4) teachers describe in detail the activities of (5) exemplifies
teachers outbound activities, (6) the child doing outbound activities in accordance exemplified, (7) after
outbound activity was over, the teacher hand out reward at the end of activities to motivate children. Thus
the effective outbound activities to improve cooperation.
Keywords : cooperative, outbond


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.