Pembelajaran Pengenalan Bilangan Dalam Menstimulasi Perkembangan Berpikir Simbolik Pada Anak Kelompok B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran pengenalan bilangan dalam menstimulasi kemampuan berpikir simbolik pada anak kelompok B di TK ABA Siti Mariyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun RPPM, anak sudah melakukan 7 kegiatan pembelajaran pengenalan bilangan. Strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru adalah do-it-signal, keterlibatan indera, belajar dengan benda nyata dan bermain sambil belajar. Metode pembelajaran menggunakan metode penugasan dan kartu bilangan. Penilaian dilakukan dengan menekankan pada penilaian hasil karya. Terdapat faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu kerjasama yang baik antara guru dan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran dan faktor penghambatnya adalah adanya orang tua yang kurang mendukung kegiatan pembelajaran anak dirumah.
Kata kunci: pembelajaran pengenalan bilangan, berpikir simbolik, kelompok B.
References
Depdiknas. (2007). Pedoman pembelajaran bidang pengembangan kognitif di taman kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
Hartanti, Diah (1994). Program kegiatan belajar TK. Jakarta: departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulyasa, E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Patmonodewo, S. (2000). Pendidikan prasekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Saldana., Miles & Huberman. 2014. Qualitative data analysis. America: SAGE Publications
Sudaryanti, (2006). Pengenalan matematika anak usia dini. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y.N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.
Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Suyanto, S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.