Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Bakti Se-Kecamatan Kalasan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil dari tingkat kemandirian anak maupun pola asuh orang tua, untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dengan kemandirian dan untuk mengetahui pengaruh dari setiap pola asuh orang tua (demokratis, otoriter dan permisif) terhadap kemandirian anak di TK Bakti se-Kecamatan Kalasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak 15,2% anak memiliki tingkat kemandirian rendah, 68,5 kemandirian sedang dan 65,1% kemandirian tinggi. Sebanyak 64,1% orang tua menggunakan pola asuh demokratis, 10,9 % menggunakan pola asuh otoriter dan 25% menggunakan pola asuh permisif. Pola asuh dan kemandirian anak memiliki skor signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai f hitung 17,577 > 2,71 f tabel. Dapat diketahui bahwa pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kemandirian anak usia dini. Pada pola asuh demokratis memberikan sumbangan relatif sebesar 80,8% dan sumbangan efektif sebesar 30,3 % lebih dominan dari pada pola asuh lainnya.
Kata kunci: pola asuh orang tua, kemandirian anak
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azwar, S. (2017). Penyusunan skala psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: UNDIP Press
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, S. (2004). Analisis regresi. Yogyakarta: Andi Offset
Haris, A. (10 Juli 2020). Sederet tantangan orang tua hadapi Anak di New Normal. Diambil pada tanggal 7 November 2020, dari https://akurat.co/gayahidup/id-1162148-read-sederet-tantangan-orangtua-hadapi-anak-di-new-normal
Herlambang, A. A. (8 Mei 2020). Karantina panjang picu stres hingga hilang kemandirian anak. Diambil pada tanggal 7 November 2020, dari https://amp.ayosemarang.com/read/2020/05/08/56647/karantina-panjang-picu-stres-hingga-hilang-kemandirian-anak
Idrus, M. (2009). Metode penelitian ilmu sosial. Yogyakarta: PT. Gelora Aksara Pratama
Kholifah. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional AUD TK Muslimat NU 1 Tuban Jurnal Pendidikan Anak, Volume 7, Edisi 1, Juni 2018. Diambil tanggal 4 Juli 2020, dari https://journal.uny.ac.id
Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 8, Nomor 1. Diambil pada tanggal 5 Juli 2020, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137, Tahun 2014, tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Santrock. J.W. (2007). Perkembangan anak jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sukmadinata, N.A. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Sujiono,Y. N. (2009). Konsep dasar pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks
Tim CNN Indonesia. (21 Oktober 2019). Empat jenis pola asuh dan dampaknya pada anak. Diambil pada tanggal 15 September 2020, dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191021200141-284-441607/4-jenis-pola-asuh-dan-dampaknya-pada-anak
Yamin, M, & Sabri, S. (2013). Panduan pendidikan anak usia dini, Jakarta: Gaung Persada Press Group
Refbacks
- There are currently no refbacks.