Persepsi Guru Terhadap Penyelenggaraan Program BDR Selama Masa Pandemi Covid-19 Di TK Se-Kecamatan Godean

Afifah Salsha Febriana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap penyelenggaraan program Belajar Dari Rumah selama masa pandemi Covid-19 di TK Se-Kecamatan Godean. Adapun persepsi guru dalam penelitian ini dikelompokkan dalam tiga aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek konatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei yang menggunakan angket untuk pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di TK Se-Kecamatan Godean. Jumlah responden yang diambil yaitu 47 guru dari 7 TK yang diambil menggunakan teknik Cluster Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap penyelenggaraan program Belajar Dari Rumah di TK Se-Kecamatan Godean berada dalam kategori cukup, dibuktikan dari perhitungan analisis data yang mencapai 31,9%. Ditinjau dari aspek kognitif tergolong cukup mencapai 59,6%. Ditinjau dari aspek afektif tergolong cukup mencapai 40,4%. Ditinjau dari aspek konatif tergolong cukup mencapai 42,6%.

 

Kata kunci: persepsi guru, program Belajar Dari Rumah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.