Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK PKK Se-Desa Argorejo

Sinta Wulandari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK PKK se-Desa Argorejo Sedayu Bantul. Penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis survey dan angket/ kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK PKK se-Desa Argorejo menunjukkan baik. Hal ini didapatkan dari sepuluh aspek yaitu kemampuan menunjuk huruf dengan persentase 75,000%, kemampuan menyebut huruf secara acak dengan persentase 70,492%, kemampuan mengurutkan huruf dengan persentase 83,607%, kemampuan melingkari huruf dengan persentase 69,672%, kemampuan menyebut huruf nama panggilan anak dengan persentase 81,557%, kemampuan mengucapkan bunyi huruf dengan persentase 79,918%, kemampuan menyebutkan suara huruf dengan persentase 67,213%, kemampuan menirukan bunyi huruf dengan persentase 77,049%, kemampuan menyambung kata huruf dengan persentase 65,164% dan kemampuan menyanyikan lagu alphabet dengan persentase 84,836%.


Full Text:

PDF

References


Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakary.

Dardjowidjojo, Soenjono. (2003). Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Martini Jamaris, (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.

Musfiroh, Tadkiroatun, (2009). Cerita Anak Usia Dini, Yogyakarta: Tiara Wacana

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumitra, A.,Windarsih, A.C., Elshap,D.S., & Jumiatin, D. (2020). Jurnal Tunas Siliwangi. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari, 6 (1), 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.