UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA MELALUI KEGIATAN KERJA KELOMPOK DI KELOMPOK A TK N TRUKAN SIWATES KALIGINTUNG TEMON KULON PROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kerja sama anak melalui kegiatan kerja kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah 18 anak Kelompok A TK Negeri Trukan Kulon Progo. Objek penelitian ini yaitu kemampuan kerja sama anak yang meliputi kemampuan berinteraksi, tanggung jawab, dan saling membantu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase seluruh aspek kerja sama menunjukkan 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerja sama anak meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan kerja kelompok. Dari data Pratindakan menunjukkan persentase kemampuan kerja sama anak secara keseluruhan adalah 47%, pada Siklus I anak meningkat menjadi 73%, pada Siklus II meningkat menjadi 96%. Kegiatan kerja kelompok yang diberikan dalam penelitian ini berupa mewarnai gambar, menyusun puzzle, membentuk plastisin, memilah biji dan mix media. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam kegiatan kerja kelompok yaitu guru mempersiapkan media pembelajaran, guru dan anak membentuk kelompok, guru menunjuk pemimpin, anak membagi tugas dalam kelompok. Setelah kegiatan kelompok usai, guru membagikan reward di akhir kegiatan untuk memotivasi anak.
Kata kunci: kemampuan kerja sama, kerja kelompok
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.