KORELASI KETERAMPILAN TEKNOLOGI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara keterampilan teknologi guru dengan
motivasi belajar anak di TK Al-Fatihah Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian ini didasari pada masalah yang ditemui
yaitu keterampilan teknologi guru TK Al Fatihah yang bervariasi serta bagaimana hubungannya dengan motivasi
belajar anak dalam mengikuti pembelajaran daring selama BDR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan
teknologi guru di TK Al Fatihah berada pada kategori tinggi, dan motivasi belajar anak di TK Al Fatihah juga dalam
kategori tinggi. Berdasarkan uji korelasi dengan teknik Kendall Tau terdapat korelasi antara keterampilan teknologi
guru dengan motivasi belajar anak di TK Al-Fatihah Umbulharjo Yogyakarta.
Kata kunci: Korelasi, keterampilan teknologi, motivasi belajar.
motivasi belajar anak di TK Al-Fatihah Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian ini didasari pada masalah yang ditemui
yaitu keterampilan teknologi guru TK Al Fatihah yang bervariasi serta bagaimana hubungannya dengan motivasi
belajar anak dalam mengikuti pembelajaran daring selama BDR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan
teknologi guru di TK Al Fatihah berada pada kategori tinggi, dan motivasi belajar anak di TK Al Fatihah juga dalam
kategori tinggi. Berdasarkan uji korelasi dengan teknik Kendall Tau terdapat korelasi antara keterampilan teknologi
guru dengan motivasi belajar anak di TK Al-Fatihah Umbulharjo Yogyakarta.
Kata kunci: Korelasi, keterampilan teknologi, motivasi belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.