IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LOOSE PARTS DI KBIT AR RISALAH KEBUMEN

Lulu Nadhifah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis loose parts di KBIT
Ar Risalah Kebumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan
Huberman. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan lima
penemuan. Pertama, perencanaan membuat pengembangan tema, Prosem, RPPM, RPPH, menata lingkungan main
yaitu penataan tempat duduk, pemilihan material, pembuatan invitasi, ide kegiatan berupa foto, video, dan catatan
suara pembelajaran. Kedua, proses pembelajaran dilakukan melalui BDR dan PTM meliputi penyambutan, doa
pembuka, imtaq, kegiatan inti (bermain loose parts), BTQ, doa dan penutup, guru melakukan dokumentasi dan
provokasi. Ketiga, evaluasi menggunakan anekdot berseri, learning story, dan rapor. Keempat, faktor pendukung
konsep ruang kelas aula, guru sudah mempunyai bekal dasar pembelajaran, material sesuai standar, dukungan wali
murid dan lembaga. Kelima, faktor penghambat guru belum memahami secara keseluruhan proses pembelajaran
dan pengumpulan material membutuhkan waktu.

Kata kunci: pembelajaran, loose parts, bermain bebas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.