PROSES PEMBELAJARAN DARING TK ABA KARANGMALANG KELOMPOK B DALAM KEGIATAN MEMBILANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran daring TK ABA Karangmalang kelompok
B dalam kegiatan membilang. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus.
Penelitian dilakukan di TK ABA Karangmalang, Depok, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas,
tim kurikulum dan wali murid. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan studi dokumen.
Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan meliputi kurikulum darurat covid-19, Prosem, RPPM, dan
RPPH; (2) Proses pembelajaran dilaksanakan dengan media elektronik dan non elektronik, melalui video belajar,
penugasan LKA, pendampingan belajar, zoom dan youtube, media membilang berupa LKA dan benda konkret,
tahapan mengenal bilangan yaitu menunjuk, melanjutkan, mundur serta mendeskripsikan peranan orang tua dalam
pembelajaran; (3) evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian harian dengan sistem ceklis yang berasal dari
laporan hasil video, foto collage, pesan suara dan bukti fisik dalam buku.
Kata kunci: Pembelajaran Daring, Membilang, TK Kelompok B
B dalam kegiatan membilang. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus.
Penelitian dilakukan di TK ABA Karangmalang, Depok, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas,
tim kurikulum dan wali murid. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan studi dokumen.
Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan meliputi kurikulum darurat covid-19, Prosem, RPPM, dan
RPPH; (2) Proses pembelajaran dilaksanakan dengan media elektronik dan non elektronik, melalui video belajar,
penugasan LKA, pendampingan belajar, zoom dan youtube, media membilang berupa LKA dan benda konkret,
tahapan mengenal bilangan yaitu menunjuk, melanjutkan, mundur serta mendeskripsikan peranan orang tua dalam
pembelajaran; (3) evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian harian dengan sistem ceklis yang berasal dari
laporan hasil video, foto collage, pesan suara dan bukti fisik dalam buku.
Kata kunci: Pembelajaran Daring, Membilang, TK Kelompok B
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.