KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SEKECAMATAN TEMPILANG BANGKA BELITUNG

Tia Purwati,

Abstract


Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di TK Se-
Kecamatan Tempilang, Bangka Belitung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan
deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 22 anak di TK Se-Kecamatan Tempilang, Bangka Belitung. Teknik
pengumpulan data menggunakan lembar observasi (checklist) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik
analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal
dan huruf konsonan di TK Se-Kecamatan Tempilang, Bangka Belitung termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini
dibuktikan dengan nilai yang paling banyak keluar dari setiap frekuensi indikator setiap sub variabel, yaitu sebagian
besar (50,0% dari total keseluruhan) kemampuan mengenal huruf anak masuk dalam kategori sangat baik, yang
berarti anak mampu mengenal bentuk/simbol huruf dan mengenal bunyi huruf dengan benar. Huruf yang dikenalkan
adalah huruf vokal (A, E, I, O, U) dan huruf konsonan (B, C, D, F, G, H, J, K, L, M, N, P, Q, R, S, T, V, W, X, Y,
Z).

Kata kunci: kemampuan mengenal huruf, anak usia 4-5 tahun

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.