PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA

Dian Fadkhuli Jannah,

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi, faktor pendukung
dan faktor penghambat pembelajaran menghafal juz ‘amma pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian bertempat di TK ABA se-Kecamatan Jetis Bantul
Yogyakarta. Subjek  penelitian ini ialah guru atau kepala sekolah pengampu pembelajaran menghafal. Teknik
pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi metode. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan; (1)
perencanaan pembelajaran menghafal meliputi pemilihan materi dalam kurikulum, tujuan pembelajaran, pemilihan
metode, media, dan waktu pembelajaran serta rencana penilaian hasil belajar anak, (2) pelaksanaan pembelajaran
mengafal juz ‘amma di TK ABA se-Kecamatan Jetis Bantul, (3) penilaian menggunakan alat penilaian ceklist dan
dicantumkan dalam raport, (4) faktor pendukung yaitu peran guru, peran orang tua, motivasi, dan lingkungan anak,
dan (5) factor penghambat yaitu kemampuan anak, kurangnya motivasi, dan anak mudah bosan.
 
Kata kunci: pembelajaran, menghafal juz ‘amma

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.