KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SE-KECAMATAN JETIS

Dian Utami,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia 5-6
tahun di TK ABA se-Kecamatan Jetis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian
terdiri dari 106 subjek anak usia 5-6 tahun di TK ABA se-Kecamatan Jetis. Objek penelitian ini adalah kemampuan
membaca huruf hijaiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi.
Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyah berada
pada kriteria cukup, berarti anak mampu membaca huruf hijaiyah yang meliputi membaca huruf hijaiyah tanpa
harakat dan melafalkan huruf hijaiyah dengan bantuan. Kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah
dipengaruhi oleh metode yang digunakan. Metode yang digunakan oleh guru di TK ABA se-Kecamatan Jetis yaitu:
1) Metode muyafahah (adu lidah), 2) ‘ardhul qira’ah (setoran bacaan), dan 3) Metode pengulangan.
 
Kata kunci: Kemampuan, Membaca Huruf Hijaiyah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.