MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA ABCD-ABCD MELALUI BERMAIN MAZE POLA PADA ANAK KELOMPOK B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD anak melalui bermain
maze pola di Kelompok B1 TK Masyitoh Ndasari Budi Krapyak Bantul. Jenis Penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas, yang dilaksakanan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini melalui wawancara dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen observasi
cheklist. Teknik analisi data yang digunakan yaitu teknik deskrptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
melalui bermain maze pola dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD anak. Hal tersebut
dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak dari pratindakan sebesar 26,04% berada pada kriteria mulai
berkembang, di siklus I meningkat menjadi 37,49% pada kriteria mulai berkembang, dan meningkat kembali pada
siklus II menjadi 81,24% pada kriteria berkembang sangat baik.
Kata kunci: kemampuan mengenal pola, bermain maze pola, kelompok B1
maze pola di Kelompok B1 TK Masyitoh Ndasari Budi Krapyak Bantul. Jenis Penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas, yang dilaksakanan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini melalui wawancara dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen observasi
cheklist. Teknik analisi data yang digunakan yaitu teknik deskrptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
melalui bermain maze pola dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD anak. Hal tersebut
dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak dari pratindakan sebesar 26,04% berada pada kriteria mulai
berkembang, di siklus I meningkat menjadi 37,49% pada kriteria mulai berkembang, dan meningkat kembali pada
siklus II menjadi 81,24% pada kriteria berkembang sangat baik.
Kata kunci: kemampuan mengenal pola, bermain maze pola, kelompok B1
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.