IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MENGENAL HURUF SELAMA BELAJAR DI RUMAH PADA KELOMPOK A2 TK ABA JOGOKARYAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kemampuan mengenal huruf selama masa belajar di
rumah pada anak kelompok A2 TK ABA Jogokaryan. Dalam penelitian yang dinilai adalah mendeskripsikan
implementasi pengenalan huruf. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan anak kelas A. Objek dalam penelitian ini adalah
implementasi pengenalan huruf pada anak usia 4-5 selama belajar di rumah. Teknik pengumpulan data yaitu
wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran dilaksanakan dengan membuat
materi pembelajaran dan dikirimkan melalui whatsapp group orangtua atau diberikan langsung datang ke sekolah.
2) Pelaksanaan pengenalan huruf diperankan oleh orangtua dengan cara mendampingi dan mendokumentasikan
proses kegiatan pembelajaran. 3) Evaluasi dilaksanakan melalui dokumentasi yang dilaporkan oleh orangtua di
whatsapp group. 4) Faktor pendukung meliputi adanya bimbingan dari orangtua, adanya media online, adanya
program khusus di televisi. Sedangkan faktor penghambat yaitu sebagian keluarga yang tidak membiasakan
penanaman pengenalan huruf, kesibukan orang tua, perubahan suasana hati, dan kurangnya semangat belajar anak.
Kata kunci: Pengenalan Huruf, Belajar di Rumah
rumah pada anak kelompok A2 TK ABA Jogokaryan. Dalam penelitian yang dinilai adalah mendeskripsikan
implementasi pengenalan huruf. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan anak kelas A. Objek dalam penelitian ini adalah
implementasi pengenalan huruf pada anak usia 4-5 selama belajar di rumah. Teknik pengumpulan data yaitu
wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran dilaksanakan dengan membuat
materi pembelajaran dan dikirimkan melalui whatsapp group orangtua atau diberikan langsung datang ke sekolah.
2) Pelaksanaan pengenalan huruf diperankan oleh orangtua dengan cara mendampingi dan mendokumentasikan
proses kegiatan pembelajaran. 3) Evaluasi dilaksanakan melalui dokumentasi yang dilaporkan oleh orangtua di
whatsapp group. 4) Faktor pendukung meliputi adanya bimbingan dari orangtua, adanya media online, adanya
program khusus di televisi. Sedangkan faktor penghambat yaitu sebagian keluarga yang tidak membiasakan
penanaman pengenalan huruf, kesibukan orang tua, perubahan suasana hati, dan kurangnya semangat belajar anak.
Kata kunci: Pengenalan Huruf, Belajar di Rumah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.