IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB ANAK MELALUI KEGIATAN RUTIN KELOMPOK B DI TK AL IRSYAD 02 CILACAP

Annisa Nur Rizqi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan tentang implementasi tanggung jawab anak melalui kegiatan rutin pada kelompok B di TK Al Irsyad 02 Cilacap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus hingga datanya jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) perencanaan kegiatan pembelajran tentang tanggung jawab anak sudah sesuai dengan tahapan pembelajaran yang meliputi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; 2) faktor pendukung meliputi: a) kurikulum 2013 yang di modif dengan pembelajaran secara islami, b) tenaga pendidik yang mengajar secara kreatif agar anak tidak bosan selama pembelajaran daring, c) orangtua siswa yang sangat mendukung dengan kegiatan implementasi tanggung jawab anak dan melakukannya di rumah, dan d) fasilitas sekolah yang mendukung kegiatan implementasi tanggung jawab anak; 3) respon anak-anak terhadap kegiatan implementasi tanggung jawab anak sangat baik.

 

Kata kunci: Implementasi Tanggung Jawab, TK Al Irsyad 02 Cilacap

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.