STUDI KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR PADA ANAK TK KELOMPOK B DI GUGUS II KECAMATAN KRETEK, BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains dasar pada anak TK kelompok B di Gugus II Kecamatan Kretek, Bantul. Keterampilan proses sains dasar dalam penelitian meliputi mengobservasi, mengukur, mengkomunikasikan, dan mengklasifikasikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini merupakan anak TK kelompok B di Gugus II Kecamatan Kretek, Bantul yakni sebanyak 3 TK. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan dengan teknik purposive sampling dengan memilih 61 anak dari 3 TK. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains dasar pada anak TK kelompok B di Gugus II Kecamatan Kretek, Bantul termasuk dalam kategori berkembang sangat baik. Nilai rata-rata setiap keterampilan proses sains adalah 98,86% untuk mengobservasi, 100% untuk mengukur, 99,63% untuk mengkomunikasikan, dan 98,67% untuk mengklasifikasikan. Adapun nilai rata-rata keterampilan proses sains dasar secara keseluruhan adalah 98,5%. Skor tersebut menunjukkan bahwa keterampilan proses sains anak TK kelompok B di Gugus II Kecamatan Kretek, tergolong dalam kategori berkembang sangat baik.
Kata kunci: keterampilan proses sains dasar, anak Taman Kanak-kanak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.