PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA LOTO ANAK KELOMPOK A TK ABA TAMANAGUNG II MUNTILAN

Heni Dwi Sulistiana,

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media loto pada anak kelompok A di TK ABA Tamanagung II Kecamatan Muntilan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan model Kemmis & McTaggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah 21 anak kelompok A TK ABA Tamanagung II. Obyek penelitian ini adalah kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan melalui media loto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil dokumentasi yang berupa RKH (Rencana Kegiatan Harian), foto kegiatan, dan LKA (Lembar Kerja Anak). Analisis data dilakukan menggunakan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% dari jumlah kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media loto dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Pada pertama persentase Pratindakan adalah 38,09% meningkat pada Siklus I menjadi 57,14% kemudian meningkat menjadi 85,71% pada Siklus II. Pada indikator kedua persentase Pratindakan adalah 47,61% meningkat pada Siklus I menjadi 64,28% kemudian meningkat menjadi 85,71% pada Siklus II. Pada ketiga persentase Pratindakan adalah 42,85% meningkat pada Siklus I menjadi 64,28% kemudian meningkat menjadi 80,95% pada Siklus II. Dan pada indikator keempat persentase Pratindakan adalah 38,09% meningkat pada Siklus I menjadi 69,04% kemudian meningkat menjadi 85,71% pada Siklus II.

 

Kata kunci: lambang bilangan, media loto.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.