KETERAMPILAN MENGANYAM PADA ANAK TK KELOMPOK B GUGUS II KECAMATAN PENGASIH KULON PROGO

Yatra Reski Ardina,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menganyam anak TK kelompok B gugus II Kecamatan Pengasih Kulon Progo. TK yang diteliti yaitu TK Pamardi Putra I, Pamardi Putra III, dan TK Kencana Putra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif jenis survei. Subjek penelitian ini adalah anak TK kelompok B. Objek penelitian ini adalah keterampilan menganyam. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Subyek pada penelitian ini adalah anak TK kelompok B yang berjumlah 92 anak dari 3 TK. Teknik analisis data menggunakan skor persentase yang menghitung seberapa besar keterampilan menganyam anak TK kelompok B gugus II pada masing-masing aspek yang diteliti. Aspek yang diteliti dalam penelitian ini adalah kecepatan, ketepatan, dan kelentukan dalam kegiatan menganyam. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata keterampilan menganyam anak TK Kelompok B Gugus II Kecamatan Pengasih menunjukan hasil persentase yang berbeda-beda dalam setiap aspeknya. Pada aspek kecepatan sebesar 89,54%, sedangkan aspek ketepatan menunjukan persentase sebesar 91,30%, dan aspek  kelentukan sebesar 92,12%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa rata-rata semua aspek yang telah dicapai pada keterampilan menganyam anak TK Kelompok B Gugus II Kecamatan Pengasih termasuk dalam kategori sangat baik.

 

Kata kunci: keterampilan menganyam, anak TK Kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.