PEMBELAJARAN HAFALAN AL-QUR’AN METODE TALQIN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA TAHFIDZ JAMILURRAHMAN, BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran hafalan Al-Qur’an metode talqin anak usia 5-6 tahun di RA Tahfidz Jamilurrahman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru tahfidz, dan anak. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tujuan pembelajaran hafalan Al-Qur’an adalah anak dapat hafal sesuai target, menanamkan nilai ikhlas untuk mencintai Al-Qur’an, dan membantu orangtua membentuk lingkungan islami dalam keluarga; 2) materi hafalan adalah Al-Qur’an juz 29 dan juz 30; 3) kegiatan pembelajaran hafalan dilaksanakan dengan tiga tahap; 4) media yang digunakan adalah speaker Al-Qur’an dan buku fotocopy Al-Qur’an; 5) metode yang digunakan adalah metode talqin karena sesuai dengan kebutuhan anak yang belum lancar baca Al-Qur’an sehingga memerlukan bimbingan dalam hafalan; 6) penilaian pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan setoran hafalan mingguan dan ujian semester.
Kata kunci: pembelajaran hafalan Al-Qur’an, anak usia dini
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.