PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALPHABAET MYSTERY BOX UNTUK MENGENALKAN HURUF PADA KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun kelompok A Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) dengan jenis penelitian dan pengembangan R & D (Research and Development). Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian kelayakan oleh reviewer dan pedoman wawancara guru. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data Kuantitatif didapatkan melalui skor kuisioner yang diisi oleh ahli media, ahli materi dan gurui. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian terhadap kelayakan media yang dilakukan oleh ahli media menunjukkan skor 4,38 kriteria “Sangat Baik”, dan penilaian ahli materi menunjukan skor 4,8 kriteria “Sangat Baik”. Hasil dari penilaian guru TK Pertiwi Kedungdowo memperoleh nilai 100,00 masuk kategori “layak”. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Alphabet Mystery Box layak digunakan untuk mengenalkan huruf anak usia 4-5 tahun kelompok A di Taman Kanak-kanak.
Kata kunci: media pembelajaran, mengenalkan huruf, taman kanak-kanak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.