KEMAMPUAN MENGENAL SUKU KATA AWAL SAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Dita Parviani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal suku kata awal sama pada anak usia 5-6 tahun dengan indikator anak mampu mengelompokkan kartu kata dan mampu menyebutkan kata lain yang memiliki suku kata awal yang sama dengan kartu kata di TK se-Gugus 1 Argomulyo, Sedayu, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 Tahun di TK se-Gugus 1 Argomulyo, Sedayu, Bantul. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 77 anak dengan populasi 101 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan menggunakan checklist sebagai instrumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal suku kata awal sama pada anak usia 5-6 tahun di TK se-Gugus 1 Argomulyo, Sedayu, Bantul termasuk kedalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 77,3%.

 

Kata kunci: kemampuan mengenal suku kata awal sama, anak usia 5-6 tahun


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.