IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BOCAH CITALOKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran multikultural di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Bocah Citaloka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran menekankan pada program perayaan hari-hari besar dan penggunaan indikator perkembangan yang disesuaikan dengan kemampuan kognitif anak yang memiliki kebutuhan khusus. Perencanaan pembelajaran ini sejalan dengan Pendekatan Kontribusi dan dimensi Equity Paedagogy, (2) Pelaksanaan pembelajaran multikultural mengaplikasikan: (a) penggunaan materi dari beragam budaya, (b) pelibatan anak dalam dialog dan aktivitas sosial, dan (c) perlakuan dan pembiasaan baik untuk menghindari stigma negatif dalam kegiatan bersosial. Implementasi pada pelaksanaan ini sesuai dengan dimensi Banks yakni; Content Integration, Knowledge Construction, dan Prejudice Reduction, (3) Evaluasi pembelajaran multikultural dikaitkan dan dimasukkan ke dalam indikator perkembangan, (4) Faktor pendukung pembelajaran multikultural antara lain; program perayaan hari besar agama dan nasional, kebijakan yang menerima perbedaan, pembiasaan dalam berkomunikasi dan berdiskusi, dan komunikasi dua arah antara pihak sekolah dan orangtua, (5) Faktor penghambat pembelajaran multikultural adalah orangtua.
Kata kunci: pembelajaran, multikultural, dimensi multikultural, Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Bocah Citaloka.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.