PELAKSANAAN METODE SHOW AND TELL DI KELOMPOK B2 TK ABA NGANGKRUK PRAMBANAN

Erlin Devita Poppy Artanti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode show and tell di kelompok B2 TK ABA Ngangkruk Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Data penelitian diperoleh dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian pelaksanaan metode show and tell di kelompok B2 TK ABA Ngangkruk Prambanan diantaranya yaitu: (1) Kemampuan berbicara di rumah maupun di sekolah kelompok B2 yang meliputi perbendaharaan kata, penggunaan atau penyusunan kata, serta artikulasi sudah lancar dan jelas. (2) Metode show and tell pelaksanaannya mengalir dalam pembelajaran, diawali dengan pemberian pertanyaan dan mempersilahkan anak serta pemberian motivasi pada anak. (3) Kelebihan dan kekurangan dari pelaksanaan metode show and tell diantaranya; pertama kelebihan yakni, menjadikan anak yang sudah aktif dalam berbicara dan memiliki bakat dalam berbicara akan lebih percaya diri dan antusias berbicara di depan kelas. Kedua kekurangan yakni, keaktifan anak dalam berbicara yang ingin terlihat menonjol di depan kelas, terbatasnya waktu pelaksanaan metode show and tell.

 

Kata kunci: kemampuan berbicara, show and tell.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.