PERANAN GURU DALAM MEMBANGUN SIKAP PERCAYA DIRI ANAK KELOMPOK B DI TK ABA TLOGO

Churnia Elsa Muarifah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru dalam membangun sikap percaya diri anak di TK kelompok B. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 5 guru kelompok B. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peranan guru dalam membangun sikap percaya diri anak adalah sebagai fasilitator dengan menyediakan media belajar, sebagai motivator dengan memotivasi dan memberi reward, sebagai pendidik dengan menjadi teladan, sebagai pengajar merencanakan, melaksanakan dan menilai, sebagai pembimbing dengan membiarkan anak bermain bebas dengan melakukan pembiasaan sikap percaya diri, dan sebagai evaluator dengan melakukan komunikasi kepada orangtua. Faktor pendukung guru dalam membangun sikap percaya diri anak adalah dengan adanya sikap orangtua yang kooperatif, tersedianya fasilitas yang memadai serta karakter anak yang mudah dibimbing, sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya orangtua yang sibuk dan karakter anak yang pemalu.

 

Kata kunci: peranan guru,percaya diri, anak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.