PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BOY-BOYAN PADA ANAK KELOMPOK B TK PUTRA HARAPAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak melalui Permainan Boy-boyan dengan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar meningkat melalui Permainan Boy-boyan. Kegiatan pembelajaran pada Sikus I dilakukan melalui pengenalan mengenai permainan Boy-boyan kepada anak, kemudian guru memberikan contoh bermain Boy-boyan. Pada Siklus II pelaksanaan tindakan dilakukan berdasarkan pada pemecahan permasalahan yang muncul pada Siklus I seperti pemberian reward, motivasi dan bimbingan yang lebih kepada anak agar kegiatan pembelajaran melalui permainan Boy-boyan dapat lebih meningkat sesuai dengan indikator keberhasilan yang akan dicapai. Hal ini terlihat dari hasil observasi pada pratindakan, Siklus I, Siklus II dengan kriteria sangat baik masing-masing: 2 anak (12,5%), 6 anak (37,5%) dan (81,25%).
Kata kunci: motorik kasar, Permainan Boy-boyan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.