PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELAS B MELALUI METODE MEMBACA NYARING DI TK LKMD KARANGGAYAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak melalui metode membaca nyaring pada anak kelompok B di TK LKMD Karanggayam. Desain penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dalam dua Siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK LKMD Karanggayam dengan jumlah siswa sebanyak 18 anak. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah ≥80% dari jumlah anak kelas B2 TK LKMD Karanggayam telah mencapai indikator keterampilan menyimak pada kriteria berkembang sangat baik (BSH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak pada anak kelas B dapat ditingkatkan melalui metode membaca nyaring. Hal ini dapat dilihat dari tahap Pratindakan, persentase pencapaian kemampuan menyimak anak sebanyak 39,85% dan berada pada kriteria belum berkembang (BB), kemudian meningkat pada Siklus I menjadi 61,225% berada pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), kemudian pada Siklus II persentase pencapaian kemampuan menyimak anak meningkat menjadi 76,925% berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB).
Kata Kunci: kemampuan menyimak, metode membaca nyaring, anak usia dini
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.