IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA BANTUL

Erina Putri Anggraeni,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program literasi pada anak usia 4-6 tahun di TK Negeri Pembina Bantul. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dianalisis menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Implementasi program-progam literasi di TK Negeri Pembina Bantul berupa program pojok literasi, membaca mandiri ketika waktu istirahat, guru membacakan buku cerita sebelum pulang sekolah, dan program Gernas Baku. (2) Faktor pendukung program literasi di TK Negeri Pembina Bantul yaitu adanya bantuan buku dari Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Bantul dan bantuan rak buku dari Kemendikbud. (3) Faktor yang menghambat kesadaran atau kemandirian anak dalam merapikan kembali buku-buku ke dalam rak setelah digunakan,  masih banyak anak yang belum mampu membaca, serta sulitnya memberikan motivasi untuk anak gemar membaca dan kurang fokusnya guru.

 

Kata kunci : Implementasi,Program Literasi, TK Negeri Pembina Bantul


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.