MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA ULAR TANGGA MODIFIKASI PADA KELOMPOK A

Rahmadhani Tri Restiani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun di kelompok A TK ABA Margodadi II Seyegan, Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang  menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dengan sistem spiral. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok A TK ABA Margodadi II yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Objek pada penelitian ini adalah kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media ular tangga modifikasi. Perolehan data pada penelitian ini melalui observasi. Indikator keberhasilan pada penelitian sebesar 76% anak berada pada kriteria berkembang sesuai harapan dan atau berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan dari Siklus I ada 12 anak (60,00%) berada pada kriteria berkembang sesuai harapan, peningkatan pada Siklus II terdapat 5 anak (25,00%) berada pada kriteria berkembang sangat baik dan 12 anak (60,00%) berada pada kriteria berkembang sesuai harapan.

 

Kata kunci: media ular tangga modifikasi, mengenal lambang bilangan, anak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.