PENANAMAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP ANAK DI KELOMPOK B TK KHALIFAH WIROBRAJAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penanaman nilai-nilai entrepreneurship di TK Khalifah Wirobrajan; (2) Faktor pendukung; (3) Faktor penghambat; dan (4) Cara mengatasi permasalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penanaman nilai-nilai entrepreneurship di TK Khalifah Wirobrajan dilakukan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian;(2) Nilai kerjasama dan kreatif menjadi nilai utama penanaman nilai-nilai entrepreneurship yang telah ditanamkan dan berhasil dicapai; (3) Faktor pendukung: kurikulum memuat materi tauhid entrepreneurship; kerjasama berbagai pihak; sarana dan prasarana; metode; media; pembiasaan dan keberlanjutan di sekolah dan rumah; (4) Faktor penghambat: karakterristik dan kemampuan anak berbeda; anak masih mudah berubah sikapnya; pembiasaan di rumah dan sekolah berbeda; tingkat pendidikan keluarga; serta fokus perhatian guru tidak merata karena banyaknya siswa; dan (5) Cara mengatasi permasalahan: kerjasama berbagai pihak; guru bersabar mendidik anak; orang tua dan guru saling berkomunikasi atau berkonsultasi; serta kegiatan parenting.
Kata kunci: Penanaman nilai-nilai entrepreneurship, TK Khalifah Wirobrajan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.