ANALISIS TINGKAT KEDISIPLINAN ANAK KELOMPOK B DI TK SE-GUGUS PELANGI KECAMATAN TEGALREJO YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar tingkat kedisiplinan anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Se-Gugus Pelangi Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan metode survai. Sampel penelitian ada 100 anak kelompok B di Gugus Pelangi Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta, dengan teknik sampel random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan anak yaitu datang ke sekolah tepat waktu, berpakaian sesuai atribut sekolah, berbaris memasuki ruang kelas, bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, membuang sampah pada tempatnya, berdoa setelah selesai belajar, merapikan tempat duduk, dan antri keluar kelas. Sebagian besar anak berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB). Secara keseluruhan dari delapan aspek dapat dilihat bahwa tingkat kedisiplinan anak kelompok B di TK Se-Gugus Pelangi Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta adalah 9 anak (9%) berada pada kategori mulai berkembang (MB), 17 anak (17%) berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH), dan 74 anak (74%) berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB).
Kata kunci: kedisiplinan, anak TK kelompok B
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.