PENANAMAN KEMANDIRIAN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI KINDERSTATION MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

Rahayu Prabandari Tri Sunarsih,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman kemandirian pada anak Kelompok Bermain di KinderStation. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah pendidik, anak, orang tua dan kepala Kelompok Bermain. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan model analisis Interaktif Miles dan Huberman dan diuji keabsahannya menggunakan perpanjangan waktu observasi, pengamatan yang terus-menerus dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Proses penanaman kemandirian dengan memasukkan materi kemandirian dalam pembelajaran, melatih anak bergabung dengan lingkungan sosial, pembiasaan sehari-hari dan bertanggungjawab dengan permasalahan; 2) Peran pendidik yaitu mengajarkan, memberikan contoh dan dorongan, membimbing, mengarahkan dan mengingatkan anak; 3) Faktor pendukung yaitu kesiapan fisik, kurikulum, fasilitas, komitmen sekolah dan dukungan teman sebaya serta orang tua; 4) Faktor penghambat yaitu pola asuh keluarga pada beberapa anak yang diatasi dengan mengkomunikasikan kepada orang tua dan keadaan beberapa anak yang masih kecil diatasi dengan melatih secara rutin.

 

Kata kunci: penanaman kemandirian, anak kelompok bermain


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.