MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA BUKU BANTAL DI TK DHARMA BAKTI I

Siti Nur Hasanah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Bakti I melalui media Buku Bantal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan sistem spiral. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelompok A yang berusia 4-5 tahun di TK Dharma Bakti I yang berjumlah 24 anak, terdiri dari 13 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media buku bantal. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi. Indikator keberhasilan yaitu 76%. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10  melalui media buku bantal. Setelah adanya tindakan Siklus I dan Siklus II kemampuan mengenal lambang bilangan anak yang berkriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik meningkat menjadi 83,32%.

 

Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan, media buku bantal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.