MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI PUZZLE ANGKA DI TK DHARMA BAKTI IV

Ratna Ambarwati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak Kelompok A TK Dharma Bakti IV melalui bermain puzzle angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan sistem spiral.  Subjek penelitian ini adalah semua anak Kelompok A TK Dharma Bakti IV yang berjumlah 14 anak, terdiri dari 5 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain puzzle angka. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah 76% anak berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 dari Siklus I ada 9 anak (64,28%) pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan pada Siklus II meningkat menjadi 11 anak (78,57%) pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan ada 2 anak (14,29%) pada kriteria Berkembang Sangat Baik.

                                                                  

Kata kunci: mengenal lambang bilangan, bermain puzzle angka, anak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.