UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN KEGIATAN MENGANYAM PADA KELOMPOK A TK ABA GODEGAN

Fatikha Mardikayati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam anak kelompok A TK ABA Godegan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua Siklus. Subjek penelitian adalah semua anak kelompok A, berjumlah 11 anak yang terdiri 4 perempuan dan 7 laki-laki. Objek penelitian ini adalah keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak dapat meningkat dari empat aspek penilaian yaitu kecepatan, kecermatan, kelentukan, dan koordinasi. Hasil peningkatan keterampilan motorik halus anak pada pra tindakan sebesar 47.2%, siklus I meningkat menjadi 59.4% dan pada siklus II sebesar 86.8%. Penelitian ini diberhentikan sampai Siklus II dikarenakan sudah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu 76%.

 

Kata kunci: motorik halus, menganyam, anak kelompok A


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.