KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK TK KELOMPOK A SE KECAMATAN TEGALREJO YOGYAKARTA

Tutut Puspita Sari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berhitung anak kelompok A se-kecamatan Tegalrejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Data diperoleh dengan observasi dan menggunakan lembar instrumenuntuk mencari kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun. Dari jumlah populasi 14 TK peneliti mengambil subjek penelitian dengan teknik purposive sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yakni: 1) TK yang terdaftar dalam dinas, 2) TK yang berbasis keagamaan, 3) TK yang memiliki rombongan belajar kelas A dengan usia 4-5 tahun. serta 4) TK swasta atau negeri, diambil 15 orang anak pada masing-masing sekolah.Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 90 anak, 93,3% anak TK Kelompok A sudah mampu berhitung 1-10 dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB), 4,44% anak TK Kelompok A dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2,22% anak TK Kelompok A dengankriteria Mulai Berkembang (MB).

 

Kata kunci: kemampuan, berhitung permulaan, anak TK kelompok A


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.