MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK

Fadhilah Isnaini,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama melalui penerapan metode proyek pada anak usia 5-6 tahun. Metode proyek dipilih karena mampu meningkatkan kemampuan kerjasama karena dapat melibatkan anak secara langsung untuk berdiskusi dalam menentukan kegiatan dan bekerjasama dalam pelaksanaan kegiatan proyek. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah 15 anak usia 5-6 tahun di TK PKK Kartini. Objek dari penelitian ini adalah kerjasama anak yang meliputi kemampuan anak dalam berdiskusi, saling berbagi, dan menyelesaikan masalah bersama-sama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama dapat meningkat setelah dilakukan penerapan metode proyek. Pada observasi pra tindakan, data awal kemampuan kerjasama anak sebesar 50,3%, kemudian meningkat pada Siklus I menjadi 73,3% dan Siklus II sebesar 89,6%. Pemberian motivasi dilakukan selama kegiatan proyek berlangsung, pemberian reward dilakukan pada Siklus II.

 

Kata Kunci: anak, kerjasama, proyek.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.