UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF PADA KELOMPOK A DI TK BOPKRI WIROBRAJAN

Ruth Vika Indah Nurani,

Abstract


Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal anak kelompok A melalui bermain konstruktif di TK BOPKRI Wirobrajan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian anak kelompok A TK BOPKRI Wirobrajan yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan dapat ditingkatkan melalui langkah-langkah: 1) guru mengenalkan huruf vokal a, i, u, e, o.; 2) ketika anak sudah paham guru meminta anak untuk berada dikelompok yang sudah dibagi oleh guru.; 3) anak diminta untuk membentuk huruf vokal melalui bermain konstruktif menggunakan lego, plastisin, dan balok.; 4) anak diminta untuk menyebut dan menunjuk huruf a,i,u,e,o pada tulisan yang sudah disiapkan. Hasil kemampuan huruf meningkat terbukti dari kondisi awal 55,2% pada Siklus I menjadi 78,5% pada Siklus II meningkat menjadi 86,6%.

Kata Kunci: mengenal huruf vokal, bermain konstruktif, anak TK, kelompok A


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.