PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENTRA BALOK PADA ANAK USIA 5¬-6 TAHUN DI TK MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

Yora Harlistyarintica,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sentra balok pada anak usia 5-6 tahun di TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian meliputi guru sentra balok, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, 5 guru kelas, dan 92 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran menggunakan Prosem, RPPM, dan RPPH; (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan empat pijakan main. Pijakan lingkungan main meliputi: menata dan menyiapkan alat main. Pijakan sebelum main meliputi: diskusi tema, penyampaian kegiatan main dan aturan main, pengenalan bentuk geometri, kegiatan transisi sebelum main. Pijakan selama main meliputi: anak bermain konstruksi menggunakan media balok, bermain peran mikro, menggambar, dan menamai hasil bangunannya, guru memberikan motivasi dan bantuan pada anak yang membutuhkan. Pijakan setelah main meliputi: membereskan dan merapikan alat main, bernyanyi, recalling kegiatan, berdoa; (3) Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian perkembangan anak berupa catatan anekdot, analisa hasil karya anak, penilaian harian, penilaian mingguan dan bulanan, raport.

Kata Kunci: pembelajaran TK, sentra balok


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.